top of page

Ngalam Mbois: Bangga! Studio Animasi Kota Malang ORRO Studio

Updated: Jun 7, 2023


(detik.com) Ahmad Hafidz Azroi ber-background karyanya Alto dan Clu (Foto: Dok. Ahmad Hafidz Azroi)

Kota Malang - Muda-mudi yang memiliki kreatifitas di bidang animasi dan intellectual property (IP) terus bermunculan di Malang. Tak jarang juga yang berhasil mendapatkan tawaran maupun pesanan pembuatan animasi dari luar negeri.

Seperti ORRO Studio yang didirikan oleh Ahmad Hafidz Azroi (26) dan rekan-rekannya. Studio animasi buatan arek-arek Kota Malang itu telah membuat beragam karya pesanan dari Amerika, China, hingga Eropa.


Mulai dari pembuatan serial animasi hingga video clip animasi telah dikerjakan oleh studio ORRO. Hafidz mengaku awalnya tak menyangka studio yang dibuatnya bersama Sukaiman Putrantoro, Lilo Falih, Rico Sandyta dan Izza Yunta ini bisa mendapat tawaran dari luar negeri.



"Bersyukur dapat tawaran dari luar negeri. Kemarin ini dapet kerjaan buat serial animasi dari Mexico, Amerika. Terus ada juga video clip animasi, ini sebenarnya buat video remake karena penyanyinya sudah meninggal," ujar Hafidz saat dihubungi detikJatim, Senin (1/4/2023).



"Kalau administrasi itu cukup ribet. Misal pesanan di China itu, harus ada surat pengantar kepada pemerintah China kalau mau mengerjakan pesanan mereka. Kalau soal pengerjaan animasi lancar saja, mungkin terkendala orang yang ngerjakan kurang dan sulit carinya," terangnya.


Pemuda asal Kota Malang itu menyampaikan pada awalnya tidak terpikir untuk membuat sebuah studio animasi karena pada dasarnya Hafidz berkeinginan setelah lulus SMK pada tahun 2016 akan melanjutkan kuliah.


"Nah saat lulus SMK itu ada sesuatu kesibukan yang membuat saya terlambat mendaftar kuliah. Akhirnya saya harus menunggu pendaftaran dibuka lagi. Daripada menganggur itu saya bersama 5 teman membangun studio," kata dia.


"Awalnya nama studionya Allie. Selama prosesnya dari 5 orang ini menyerah satu persatu hingga saya sendiri. Terus tahun 2020 saya bangun lagi studio dengan 5 teman saya dan ganti nama ORRO Studio," sambungnya.


Sejak saat itu, Hafidz bersama 5 temannya terus berusaha mengembangkan studio animasinya mereka. Pesanan dari dalam negeri mulai bermunculan mulai pesanan pembuatan animasi iklan online shop dan karya-karya lain.



Studio ORRO sendiri juga berkesempatan menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam Hongkong International Licensing Show (HKILS) 2023 yang digelar di Hongkong International Convention Center, 19-21 April 2023.


Hafidz mengatakan, studio ORRO membawa karya Alto and Clu, sebuah Creative IP, dalam ajang market hub terbesar di Asia untuk industri lisensi, animasi, art dan desain tersebut.


"Alto and Clu bercerita tentang petualangan 2 sahabat yaitu Alto dan Clu yang mendapatkan tugas untuk menebar air hujan ke seluruh penjuru bumi untuk memelihara kehidupan. Dalam pameran itu saya bersama dengan 9 peserta lain dari Indonesia," kata dia.


Dari mengikuti ajang tersebut, Hafidz pun mengaku mendapatkan banyak pelajaran bagaimana cara memasarkan hasil karyanya baik animasi maupun IP dan masih banyak lagi.


Ia berpesan kepada muda-mudi di Malang khususnya agar tetap semangat dan menekuni apa yang diinginkan agar bisa mendapatkan hasil baik.


49 views0 comments

コメント


bottom of page